DIY – Ganti Cam Chain/rantai kamprat Shogun 125

Posted: Januari 16, 2014 in Modifikasi, Suzuki, Tips dan Trik
Tag:, , , , , , ,

Gak kerasa 10 tahun sudah si biru ini menemai setiap perjalan, susah senang sudah dilalui, banyak cerita bersamanya (malah curhat😀 ). Si biru ini termasuk motor dengan mesin bandel, namun namanya juga motor yg sudah berumur, sudah mulai minta jajan😀

Sebulan sudah suara tek..tek..tek.. hinggap di mesin ini dibarengi akslerasi yang mulai lambat, kebetulan kakak ane montir jadi ada yang bisa buat konsultasi deh dari mana asal bunyi itu dan ternyata setelah di periksa ternyata tersangkanya adalah rantai timing/kamprat, maklum selama si biru di boyong baru sekali ganti rantai kamprat, jadi emang udah waktunya ganti.

Langsung deh ane ke toko sparepart langganan buat nebus tuh rantai. Ane beli yang orisinil buat part yang satu ini karena funsinya yg sangat fital (biasanya klo part2 fast moving pakai yg kw hehehe). Ternyata harganya lumayan murah bro, cuman 60rb😀 langsung deh pulang dengan hati sumringah😀

Cam Cain aka rantai kamprat aka rantai timing

Cam Cain aka rantai kamprat aka rantai timing

Sampai di rumah mulai deh bongkar2 si biru😀

gigi timing shogun 125

gigi timing shogun 125

Pertama buka tutup noken as nya, setelah itu lepas 2 buah baut gigi timing, setelah itu lepas gigi timingnya. jangan lupa waktu nglepas gigi timing nya harup pada posisi top ya, seperti pada gambar yg ane lingkari.

magnet shogun 125

magnet shogun 125

Kedua buka tutup magnet, setelah itu lepas baut magnet yg tengah dan lepas magnetnya. Untuk nglepas magnetnya perlu tracker ya biar gampang.

gigi starter shogun 125

gigi starter shogun 125

Ketiga setelah lepas magnetnya lanjut deh lepas gigi starternya.

lepas kamprat

lepas kamprat

Setelah itu tarik aja rantainya sampai lepas.

pasang rantai baru

pasang rantai baru

Keempat pasang kembali kamprat yang baru dan rakit seperti awal td, jangan lupa lagi saat akan memasang rantai timing depan pada gigi timing stut/tensionernya dilepas dulu ya biar gak nekan kampratnya. Dan yg paling penting saat memasang rantai pada gigi timing letak top nya harus tepat, tanda gigi timing noken as harus seperti awal tadi dan posisi tanda magnet harus pas pada lubang intip😀

Efek bila rantai kamprat/cam chain kendor :

  • Suara kasar pada silinder head
  • Akslerasi jadi berkurang karena timing yang kurang pas
  • Rantai bisa loncat dari gigi dan bisa fatal (piston jebol, klep bengkok, dll)

Setelah di ganti suara tek..tek..tek.. jd ilang + tarikan jadi sip lagi😀

Salam SeMot!!!😀

Komentar
  1. Abi Tantowi mengatakan:

    Gan ane ada smash 110 jadul nah ane buka sama mau ganti rante kamprat ane posisikan dulu di Tanda T si magnet lalu si gear noken as ane copot bautnya ada dua trus blok magnet ane buka nah stlh Semua beres ane pasang nah masang Nya si magnet dulu ane pasang lalu si magnet di posisikan dengan tanda T nah baru deh gear di noken as di pasang nah di situlah susahnya menyesuaikan tanda yang di lingkari bro tadi selalu mleset bbrapa gigi sampe ane ga sabar ane pasang langsung aja mleset bbrapa gigi kamprat ane nyalain mtr Nyala cuma bunyi tek tek gitu truss pas gas atas malah kaya abis bensin itu gimana ya gan ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s