Upgrade Performa Yamaha Jupiter MX, Power 2 Kali Lipat

Posted: Juli 15, 2013 in Modifikasi, Yamaha
Beberapa komponen parts peningkat performa sepeda motor tinggal pilih sesuai selera. Bukan hanya untuk motor matik saja yang mulai ramai di aplikasi. Untuk motor bebek seperti Yamaha Jupiter MX juga ada.
Merek partsnya juga cukup banyak. Sekarang yang terbaru dari TK Racing. Tersedia blok, ceramic siroline, piston 62 mm, kem, karburator TK PE28 dan CDI TK. Sedangkan knalpot pakai produk aftermarket yang cukup banyak di pasaran.

“Sebenarnya beberapa parts ini sudah tahap riset. Tapi, belum dipasarkan luas. Rencananya dalam waktu dekat akan dilaunching,” kata Agung Nugroho, Technical Consultant Polaris Racing 99. Kesempatan ini tak dilewatkan. Setelah tahap riset, parts racing dijadikan obat penasaran MOTOR Plus.

Untuk membuktikan kemampuan produk ini, Yamaha Jupiter MX keluaran 2009 dijadikan kelinci percobaan. Motor langsung dibawa ke mesin dynotest yang dipunyai Polaris Racing 99 di Jl. Kebon Jeruk III, No. 99, Jakarta Barat.

Power standar Yamaha Jupiter MX pada pengetesan pertama mencapai 11,8 dk pada 8.380 rpm. Sedangkan torsi mentok di angka 11,18 Nm. Hasil tes awal ini menjadi tolok ukur kemampuan motor untuk tes selanjutnya. Gede amat powernya? Bisa jadi kalibrasi dinotesnya beda.

Hasil standar sudah didapat. Selanjutnya, motor yang dipakai untuk kendaraan harian ini langsung dibongkar. Makanya ubahan parts yang dipasangnya ini juga terlalu ekstrim. “Piston yang berdiameter 62 mm juga tak terlalu riskan bikin mesin rewel di jalan,” jelas Agung.

Setelah hasil tes awal ini, setingan mesin berikut dengan parts baru yang sudah terpasang juga disesuaikan. Namun penyesuaiannya juga enggak kelewat ekstrim. “Namanya juga buat motor harian,” timpal Agung lagi.

Enggak banyak bicara langsung motor kembali running di atas mesin dyno. Motor digeber beberapa kali sampai teriak di rpm 8.000 lebih. Hasil akhir power yang didapat memuaskan. Power mencapai 24,2 dk dan torsi meraih 20,20 Nm.

sumber : otomotifnet.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s