Helm Dengan Navigasi GPS

Posted: Juni 25, 2013 in Uncategorized


Perangkat navigas GPS sudah banyak dipakai di sepeda motor dengan layar monitor dipasang di area setang. Namun, pernahkah terbayang jika perangkat GPS serupa terpasang di helm? dan dapat menampilkan data navigasi di depan mata Anda?

Nah, perusahaan pembuat alat navigasi asal Rusia, Live Map, kini sedang berusaha untuk mewujudkan impian tersebut. Dilansir Motorcycle, Live Map kini sedang mengembangkan helm berteknologi tinggi, dimana helm tersebut akan menampilkan pantulan gambar penuh warna, transparan dan terletak di bagian kanan kaca visor.

Diklaim Live Map, helm ini juga tidak akan menghalangi pandangan dari pengguna sehingga tidak mengganggu. Helm ini dilengkapi dengan mikrofon dan earphone yang berfungsi menerima dan mengirim perintah suara tanpa menyentuh tombol.

Sensor cahaya juga diletakkan di atas helm untuk mendeteksi cahaya pantulan dari proyektor sesuai kondisi siang atau malam hari. Sedangkan dua baterai 3000 mAh terpasang di helm ini untuk memastikan GPS tetap aktif sepanjang perjalanan.

Langsung ditampilkan pada visor tanpa menghalangi pandangan. 

Jika belum cukup, helm ini juga mengaplikasikan sensor gravitasi, giroskop, dan kompas digital untuk disesuaikan dengan gerakan badan saat menikung. Bisa jadi, helm ini akan digunakan oleh pembalap untuk mendapatkan data akurat saat melakukan balapan lap per lap-nya.

Untuk proyek ini, Live Map juga mengembangkan system operasi sendiri, tidak bekerjasama dengan IOS atau Android OS, untuk menjaga pengendara agar tidak melihat hal-hal lain seperti video atau browsing internet yang berpotensi membahayakan perjalanan.

Sayang, proyek ini masih terkendala dana dimana Live Map masih membutuhkan dana sekitar 150.000 dolar AS (Rp 1,4 milyar), karena itu Live Map membuka kesempatan kesempatan bagi siapapun yang ingin berdonasi. Ada yang mau ikutan investasi?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s