Waspadai Rembesan Oli di Mesin Honda C-Series

Posted: April 20, 2013 in Honda, Tips dan Trik


Pemilik motor bebek merek Honda mulai dari generasi C-series hingga Revo, mesti waspada jika suatu saat ada rembesan oli di bawah blok mesin kiri. Posisi tersebut, merupakan tempat bernaungnya magnet dan sepul tipe kering yang memang tidak ada sirkulasi pelumas.
“Nggak terlalu resiko atau bikin korslet sepul pengapian kalau cuma terjadi rembesan. Tapi, kalau di diamkan, lama-kelamaan komponen bergesek cepat aus dan bikin mesin gampang overheat. Karena volume pelumas jadi berkurang takarannya,” ucap Surtiwa alias Iwa, instruktur sekolah mekanik HMTC Depok, Jawa Barat.

Adapun penyebab terjadi rembesan oli, lanjut Iwa biasanya sil poros kruk-as di balik magnet atau sil o-ring luar plate oil sparate sudah getas. Sehingga karet sil tidak mampu membendung tekanan oli di bak mesin. Sehingga, ada pelumas yang ikut tertekan keluar dalam bentuk rembesan.

Makanya kalau enggak ingin takaran pelumas di mesin berkurang dan tiba-tiba overheat, buruan ganti sil kruk as di balik magnet berikut sil o-ring. Ciri-cirinya, tentu lewat rembesan oli di bawah blok tadi.

“Untuk harga satu set sil dan sil o-ring sekitar Rp 30 ribuan plus paking bak magnet Rp 10 ribu. Itu untuk part original dan belum angkos pasang ya,” imbuh Iwa di Jl. Raya Tole Iskandar No. 9A, Depok, Jawa Barat.

Nah, ingat tuh ciri-cirinya.

Sumber : otomotifnet.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s