Modifikasi Yamaha Byson, Sempat Dikira Versi 250 cc

Posted: April 20, 2013 in Modifikasi, Yamaha
Tag:,

Ingin dongkrak kapasitas silinder tanpa bore up mesin, mungkin bisa ikutin trik yang dilakukan Bro Zulkarnain Gobel, si empunya Yamaha Byson. Kenapa begitu? Sebab pasca custom motor dengan cara bolt on dan tiap kali meluncur ke tempat gaul, ada aja orang yang kira itu Yamaha Byson 250 cc.
“Lucunya kalau ada orang yang dekat ke motor, rata-rata pada bilang begitu. Saya pun bingung jawabnya. Padahal saya cuma modif tampilan luar pakai bodi kit bikinan Lent Automodified. Kebetulan dia punya master cetakan khusus buat Byson custom,” aku warga Komp. Wisma Asri, Bekasi, Jawa Barat itu.

Banyaknya orang pikir Byson baru, karena bodi kit garapan modifikator asal Probolinggo, Jawa Timur itu hasilnya terbilang detail. Mulai dari bentuk, hingga tiap lekukannya. Makanya kalau dikelir ulang dengan desain cat seperti asli Byson, orang banyak yang terkecoh.

Sipnya lagi, Zulkarnain yang karib disapa Gobel bilang kalau bodi kit mudah diaplikasi ke motor. “Buktinya ini, semua bodi kit dipasang sendiri dan cuma dibantu saudara. Kecuali, pasang kaki-kaki aja yang butuh ketelitian mekanik,” ucap pria asli Gorontalo yang lahir di Makasar, Sulawesi Selatan.

Untuk urusan modifikasi motor sport, Gobel mengaku baru kali ini turun langsung. Tapi, karena bodi kit diseting ala bolt on, semua part kiriman itu dipasang sangat mudah. Mulai dari pemasangan kondom tangki, shroud, cover engine hingga cover buritan, semua disusun dan diikat baut ke braket yang memang sudah tersedia di Byson.

Tak hanya bagian cover bodi yang dipasang sendiri. Lihat juga cover lampu depan, bagai muka robot yang apik terpasang. Digarap seperti itu, lantaran bagian dalam mika lampu asli diisi bohlam projector. “Makanya kelihatan lebih gagah meskipun hanya pakai 1 bohlam lampu saja,” bangga Gobel.

Seperti dikatakan di awal, ada beberapa part aftermarket yang mesti dikerjakan ahlinya. Gobel pun lantas menunjuk upside down merek Ride It. Meskipun secara teknis, si penjual peredam kejut ini bilang kalau produknya bisa juga dipasang sendiri.

“Masalahnya bukan cuma mudah di pasang. Tapi, saya tidak tahu gimana cara seting komponen ini saat akan diapliaksi ke komstir. Jika salah seting, setang akan sulit dikendalikan. Ini saja saya minta bantuan mekanik resmi Yamaha, yang sudah pasti tahu betul gimana setingan komstir Byson,” imbuhnya.

Tak hanya pasang upside down, lengan ayun RD Racing juga minta bantuan mekanik Yamaha buat pasangnya. Dan, doi berpikir kalau bukan dikerjakan ahlinya, bisa jadi motor enggak nyaman atau malah membahayakan diri sendiri.

“Secara teori sih kelihatan gampang. Apalagi arm ala moge itu tinggal pasang ke as lengan ayun, trus monosok aslinya masih bisa dipakai tanpa ubah breket. Baru deh, ban ukuran tapak lebar bisa dipakai jika pakai lengan ayun ini,” tutup Gobel yang tetap pakai ban Battlax 120/60-17 dan 160/60-17. 


DATA MODIFIKASI
Master rem: KTC
Cakram: PRM
Voltmeter: Koso
Knalpot: AHRS
Spion: Blue Diamond

Sumber : otomotifnet.com
Komentar
  1. wahyu mengatakan:

    bajet total brp gan?

  2. wow mengatakan:

    aspal y?
    kok susah kl di pesen full body ky gt, gk ada jawaban?

  3. wow mengatakan:

    aspal y?
    kok susah kl di pesen full body ky gt, gk ada jawaban

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s