Bikin Lampu Projektor Berwarna, Modal Rp 500 Perak

Posted: April 20, 2013 in Tips dan Trik
Tag:


Tak sedikit dari bikers yang aplikasi lampu model projektor buat menggantikan headlamp asli di pacuannya. Selain demi menunjang fashion, lampu ini juga bikin pancaran sinar yang dihasilkan lebih terang. Apalagi motor kerap digunakan buat mengaspal dan turing malam hari.
Tapi, kelemahannya bila bertemu dengan karakter cuaca berkabut atau hujan. Cahaya putih yang dihasilkan, seakan ‘tertelan’ oleh jalan. Tenang, semuanya ada solusi. Modalnya juga murah. Cuma, Rp 500 perak doank.


“Cahaya yang dihasilkan projektor ini bisa diubah dengan menggunakan plastik mika yang biasa dipakai untuk menjilid buku,” kata Mugiono, mekanik yang nyaut dipanggil Yono. So, siapkan perlengkapan dan peralatan yang akan dipakai buat ubah warna cahaya projektor. Yaitu, plastik mika berwarna (warna sesuai keinginan), gunting dan pulpen.


Lanjut ke pengerjaan. Bongkar lampu projektor, ambil bagian reflektor untuk jadi mal bulatan di plastik mika. Marking bulatan pakai pulpen. Lantas, potong menggunakan gunting. Setelah plastik mika terpotong jadi bulat, pasangkan di tengah antara reflektor dan lampu. Lalu rakit kembali.

Sumber : otomotifnet.com

“Dengan berubahnya warna cahaya, kekurangan ketika hujan dan kabut bisa diatasi. Plastik mika juga enggak akan leleh karena terdapat pendinginan di dalam projektornya,” jelas Yono, dari bengkel KMS.

Tentu pemilihan warna cahaya juga bisa disesuaikan keinginan sobat. Tinggal mainkan saja warna plastik mika. Contonya, bila ingin cahaya berwarna kuning, tinggal tebus warna kuning. Warna kuning juga membuat pancaran sinar ke jalan lebih baik kala hujan atau kabut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s